"TANAMAN HERBAL"

Senin, 27 Agustus 2012

Terlalu Lama Di Depan Komputer Picu Penuaan Dini



Bekerja di depan komputer atau laptop selama berjam-jam terkadang sulit dihindari. Paparan komputer dengan frekuensi tinggi dapat memicu penuaan dini.
Ahli bedah kosmetik Inggris, Dr Prager dan Dr Mohan Thomas, menambahkan, ketegangan ekspresi wajah dan pancaran radiasi layar komputer bisa memengaruhi timbulnya garis-garis halus di wajah.
“Karena Anda serius dan asyik dalam pekerjaan, Anda cenderung melupakan perubahan ekspresi wajah. Sementara radiasi elektromagnetik memengaruhi pori-pori kulit,” ujar Thomas. “Cara pencegahan terbaik adalah mencuci wajah setelah menggunakan komputer dan melembabkan kulit wajah dengan sentuhan pijat lembut.”
Konsultan dan ahli bedah kosmetik, Dr Anshuman Manaswi, menyatakan bahwa menggunakan komputer selama berjam-jam tidak hanya merusak kulit, tapi juga mata dan tulang. “Wanita duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama bisa memicu kerusakan postur tubuh, dan merusak mata,” ujarnya.
Tidak adanya gerakan otot leher dan gerakan bahu selama berhadapan dengan komputer sangat mengganggu kesehatan. Itulah mengapa penting melakukan gerakan olahraga sederhana sambil duduk atau beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dengan komputer.
Demi mencegah efek buruk akibat aktivitas di depan layar komputer, ikuti tips berikut, seperti dikutip dari Idiva:
1. Jangan menatap layar terlalu lama
2. Latih otot leher dengan gerakan peregangan setiap 30 menit
3. Bangun dari kursi dan jalan-jalan setiap beberapa jam
4. Duduk dengan posisi nyaman. Sesekali ubah posisi agar tak jenuh
5. Gerakkan bahu dalam interval reguler
6. Usahakan tidak membungkuk di depan layar komputer
7. Gerakkan otot wajah jika merasa memiliki ekspresi sama dalam waktu lama

Tidak ada komentar: