"TANAMAN HERBAL"

Selasa, 11 Juni 2013

Beberapa Perawatan Kesehatan (3)

Kaya Mineral


Si Kancing Kaya Mineral
 
 Jamur ini tak hanya enak di tumis, disayur, tapi juga enak di goreng dengan tepung. Meskipun tampilannya sederhana kandungan kalorinya cukup rendah sehingga bisa membantu program diet Anda.
Siapa yang tidak kenal dengan jamur kancing? Jamur ini bentuknya memang mirip dengan kancing, tak heran jika dinamakan demikian. Nama lain jamur ini adalah jamur kompos atau jamur champignon.  Warna jamur ini bermacam-macam, ada yang berwarna putih bersih, sedikit krem, dan ada juga yang berwarna kecokelatan.
Jamur jenis ini banyak dijual di pasaran. Mulai dari jamur segar hingga jamur kalengan yang banyak dijual di pasar swalayan. Dalam satu buah jamur mengandung nutrisi diantaranya vitamin B dan juga potasium. Kandungan kalorinya yang rendah membuat jamur kancing banyak digunakan sebagai bahan campuran makanan untuk mereka yang tengah menjalani program diet.
Biasanya dimasak dengan cara ditumis, ataupun dicampur dengan omelet. Rasa jamur kancing ini kenyal-kenyal lembut, dengan aroma yang sedikit manis kalau dihirup. Jamur kancing segar bebas dari kandungan lemak, sodium, serta kaya aakan vitamin dan mineral.
Jamur ini sebaiknya sesegera mungkin dimasak. Jika terkena udara lembap atau air jamur akan menjadi kecokelatan dan cepat membusuk. rasanya juga menjadi sedikit asam. Agar tahan 3-4 hari, bungkus jamur (tanpa dicuci) dengan kertas bersih dan
simpan dalam lemari es.  

Kunyit

 
Kunyit, Kurangi Gas Lambung
 
Kunyit, Kurangi Gas Lambung 
 
Kalau Anda mengalami gangguan pada lambung, bumbu dapur berwarna kuning ini bisa jadi obat untuk meredaknnya. Dijadikan minuman hangat dengan tambahan madu, kunyit tak hanya mengurangi gas lambung tapi juga menghilangkan bau badan. Coba saja!
Sangat mudah mengenali bumbu dapur yang satu ini. Bentuknya memang mirip sekali dengan kencur, namun saat dikupas memiliki warna kuning yang mencolok. Yak , kunyit. Bumbu dapur yang sering digunakan untuk membuat nasi kuning dan juga beberapa jenis masakan India seperti gulai dan kari ini ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak di luar dunia kuliner.
Tanaman asli wilayah Asia khususnya Asia Tenggara ini juga bisa mengobati peradangan pada sendi dan dijadikan bahan tambahan untuk beberapa produk farmasi. Mengobati gatal-gatal, kista hingga kanker rahim (dengan catatan kondisi tertentu). Sejak dulu kunyit juga dipercaya sebagai obat lambung, khususnya penyakit maag.
Mungkin dikarenakan kunyit dapat membuang gas lambung yang diakibatkan penyakit maag. Pada saat datang bulan biasanya wanita mengalami nyeri lambung dan perut kembung, perasaan sari kunyit bisa meredakannya rasa nyeri. Aroma kunyit yang dibakar bisa menjadi aroma terapi bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat.
Kunyit juga bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa gangguan yang berhubungan dengan kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar. Dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut gejala-gejala seperti yang disebutkan tadi berangsr-angsur berkurang.
Jika kurang suka dengan rasanya, minuman kunyit bisa ditambahkan dengan sedikit perasaan jeruk nipis atau kucuran madu. Sehingga rasanya lebih enak dan segar saat diminum. 

Susu Kedelai

 Susu Kedelai Untuk Kulit Mulus
 
Susu Kedelai Untuk Kulit Mulus
 
 Susu sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib harian hampir setiap orang. Tak terkecuali dengan susu kedelai. Kandungan protein nabati nya yang cukup tinggi dan juga kadar lemaknya yang cenderung lebih rendah, menjadi target mereka yang tengah berdiet.
Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang cukup populer di Asia. Di Indonesia saja banyak sekali makanan hingga minuman yang menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah susu kedelai. Susu kedelai mulai banyak digemari karena kandungan lemaknya yang rendah jika dibandingkan dengan susu sapi biasanya.
Tak heran jika banyak sekali kaum hawa yang menyukainya, apalagi susu kedelai juga dipercaya dapat menjaga kulit awet muda. Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur, ternyata dapat memenuhi asupan protein harian. Protein yang terkandung dalam kedelai diantaranya adalah asam amino argirin danjuga glisin. Kedua asam amino ini merupakan penyusun insulindan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh.
Semakin tinggi asupan protein dari kedelai, sekresi hormon insulin dan glukogen ke dalam tubuh akan meningkat. Hal ini dapat menekan kadar glukosa darah yang kemudian diubah menjadi energi. Karena itu susu kedelai cukup aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes ataupun memiliki kecenderungan menderita penyakit tersebut.
Penelitian yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kediri mengatakan kalau susu kedelai juga bisa mengurangi resiko terkena rematik. Karena kandungan estrogen yang ada pada kedelai dapat untuk merawat tulang dan kulit agar tetap dalam kondisi fisiologis yang normal.
Susu kedelai juga bisa menggantikan susu sapi, khususnya bagi mereka yang memiliki masalah dengan laktosa. Nah, selama puasa ini tak ada salahnya mengkonsumsi susu kedelai sebagai kebutuhan susu harian Anda. Susu kedelai siap minum sudah banyak dijual di pasaran, jadi Anda tak perlu repot-repot untuk membuat nya di rumah.

Tomat Kaya Vit C


Tomat si Kaya Vitamin C
 
 Buah yang warnanya merah cantik ini mengandung banyak licopen yang dikenal sebagai antioksidan. Rasanya asam segar, dengan kandungan air yang cukup banyak. Cukup baik dikonsumsi saat puasa seperti sekarang ini.
Tomat, adalah sejenis sayur yang sangat mudah dijumpai. Warnanya merah cantik, cukup menarik dan terkenal karena kandungan vitamin C dan A nya yang tinggi. Selain itu, tomat juga mengandung lycopen yang berguna sebagai antioksidan untuk tubuh. Tomat pertama kali ditemukan di sekitar Peru, Ekuador, dan juga Bolivia.
Tomat biasa dijadikan campuran sup, jus, dan pasta. Karena rasanya yang asam, membuat selera makan meningkat tak heran jika makanan yang berasal dari tomat disajikan di awal. Saat puasa seperti sekarang ini, tomat memberikan manfaat yang sangat baik sekali untuk tubuh.
Karena kandungan vitamin A dan C nya yang cukup tinggi, membantu menjaga daya tahan tubuh tetap prima selama menjalankan ibadah puasa. Kandungan air pada tomat juga cukup banyak, sehingga mampu menggantikan kadar air yang terbuang setelah seharian berpuasa.
Untuk bisa memaksimalkan manfaat yang ada pada tomat, ada baiknya cermati jenis tomat yang sebaiknya dikonsumsi. Di pasaran tomat terbagi menjadi dua  jenis, tomat merah dan juga tomat hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya. Tomat yang baik untuk dikonsumsi adalah tomat yang berwarna merah, karena kandungan vitaminnya lebih banyak jika dibandingkan dengan yang hijau.
Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih. Warna merah menandakan tomat mengandung lebih banyak lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.
Tomat bisa dijadikan minuman segar untuk berbuka nanti. Dibuat jus, atau disantap langsung juga enak. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: