"TANAMAN HERBAL"

Selasa, 11 Juni 2013

Beberapa Perawatan Kesehatan (7-Habis))

 

Blueberry AntiOksidan

Eka Septia Wulan – detikFood
Blueberry, Sumber Anti-oksidan
Blueberry, Sumber Anti-oksidan!
 

  Buah yang rasanya asam ini memang mulai banyak diminati. Sebagai topping cake, campuran jus buah, ataupun dijadikan selai. Dibalik rasanya yang asam segar, tersimpan berjuta manfaat yang baik untuk tubuh. Penasaran?
Blueberry memang tidak sepopuler strawberry. Meskipun begitu, buah ini tak kalah dahsyat manfaatnya dengan strawberry. Tak heran jika dinamakan blueberry, karena warna buah yang biru gelap. Kalau dilihat sepintas, warna dan bentuknya mirip dengan anggur dengan ukuran yang jauh lebih kecil atau mini.
Banyak sumber yang mengatakan kalau blueberry merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa anthocyanin yang terkandung dalam phytonutrients, zat yang memberi warna gelap pada blueberry. Anthocyanin berperan sebagai anti-oksidan.
Radikal bebas yang banyak dijumpai dapat menyebabkan penuaan, dan penumpukan oksidan dalam tubuh. Tak jarang, radikal bebas juga bisa menyebabkan kanker. Phytonutrient mencegah penumpukan radikal bebas dalam tubuh dengan menyerapnya dan membuangnya bersama dengan keringat dan kotoran.
Selain sebagai antioksidan, blueberry juga memiliki manfaat lain yaitu meningkatkan kemampuan mengingat jangka pendek atau short term memory.  Juga membantu meningkatkan kemampuan motorik menjadi lebih baik. Blueberry juga mengandung mangan yang berfungsi sebagai zat anti peradangan.
Tubuh yang bebas radang membuat aliran darah menjadi lancar, menjaga asupan energi untuk tubuh, dan juga menjaga mood tetap dalam kondisi senang. Bagi mereka yang memiliki masalah dengan jantung, blueberry sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. Karena nutrisi dalam blueberry menjaga zat nitrit oksida yang membuat dinding arteri jantung tetap fleksible.
Blueberry terdiri dari dua jenis, blueberry yang sengaja di tanam di perkebunan dan juga blueberry liar. Manfaat keduanya tetap sama, sebagai anti-oksidan. Tapi berdasarkan penelitian, blueberry liar padat nutrisinya dibandingkan blueberry yang di tanam di perkebunan. Mungkin karena kemampuan bertahan hidup blueberry liar dalam melewati kondisi dan situasi yang lebih keras dibanding blueberry besar yang ditanam di kebun menjadikannya lebih padat nutrisi.

Kebutuhan Serat

 6 Cara Sederhana Penuhi Kebutuhan Serat
 
6 Cara Sederhana Penuhi Kebutuhan Serat

  Banyak orang mengeluhkan sulit mendapatkan kebutuhan serat apalagi saat puasa seperti sekarang ini. Padahal ada langkah mudah untuk bisa mendapatkannya. Dengan mengkombinasikan beberapa jenis bahan makananan, tak hanya kebutuhan akan serat terpenuhi tapi juga lidah pun dimanjakan oleh rasanya.Sudah tak perlu diragukan lagi kalau serat memiliki peranan yang penting untuk kelancaran metabolisme tubuh. Seratpun bisa menghindarkan kita dari resiko terkena serangan jantung dan juga penyakit diabetes. Orang dewasa khususnya wanita ternyata tidak memenuhi kebutuhan serat hariannya dari yang dianjurkan 20-25 gr dalam satu hari.Nah, untuk bisa melengkapi kebutuhan serat dalam satu hari ada baiknya mencoba mengkombinasikan menu harian Anda dengan enam jenis makanan berikut. Diantaranya:1. Smoothies dengan CokelatJika Anda suka dengan smoothies, Anda bisa coba mencampurkan smoothies yang Anda buat dengan satu sendok makan cokelat bubuk atau cocoa powder tanpa pemanis. Karena dalam satu sendok makan cokelat bubuk mengandung 2 gr serat dan juga kandungan lemak jenuhnya lebih rendah dibandingkan dengan dark chocolate.2. JamurJamur shitake yang sudah di rendam dalam air panas selama 20 hingga 30 menit menyumbang serat sebanyak 3 gr per ons nya. Tak hanya serat saja yang bisa didapat, tapi juga jamur sebagai antioksidan atau antikanker alami. Bubuhkan jamur shitake dalam sup atau tumisan Anda.3. EdamameEdamame atau kedelai dari jepang ternyata mengandung folat yang cukup tinggi, selain itu sarat akan vitamin B yang bisa menghindarkan wanita dari kanker pankreas. Dalam setengah cup edamame mengandung 4 gr serat. Edamame bisa disantap dengan cara direbus atau pun dimasak dengan sayuran jenis lainnya.4. GandumGandum atau oat, sudah mulai digemari sebagai menu sereal sarapan pagi yang sehat. Tak hanya memenuhi kebutuhan serat saja, tapi juga menjaga jantung kita tetap sehat karena sifat dari gandum yang menyerap kolesterol jahat dalam darah. Dalam satu takaran sajian gandum, terdapat juga magnesium salah satu mineral yang mengatasi masalah diabetes.5. LabuLabu kuning atau labu parang biasa dijadikan kolak atau kue. Nah, kali ini labu kuning bisa juga dijadikan menu sarapan yang enak dan sehat. Cukup dengan menambahkan 1 cup oatmeal, 1 hingga 2 sendok gula palm dan juga perasa seperti kayu manis menu sarapan sehat dan enak pun siap disajikan. Selain serat, labu juga mengandung vitamin A dan bisa menjaga daya tagan tubuh.6. Remah Gandum dalam PancakeGandum yang kaya akan selenium, dapat mengurangi resiko kanker kulit hingga 60%. Dalam setengah cangkir gandum mengandung 4 gr serat. Nah, jika Anda termasuk pencinta pancake Anda bisa menambhakan sereal gandum ke dalam adonan pancake. Teksturnya yang kres..kres.. renyah menambah citarasa sarapan Anda. Coba saja!

Cara Tambah Serat

 Cara Praktis Tambah Serat
 
Cara Praktis Tambah Serat

  Serat sangat penting dikonsumsi agar sisa makanan dalam usus mudah terangkat. Untuk menkonsumsi serat ternyata tidak sulit. Dengan sedikit trik, bukan hanya hidangan lezat tetapi kaya serat juga bisa Anda nikmati. Coba saja ikuti trik praktis ini!
Soal khasiat serat untuk kesehatan, hampir tiap orang tahu. Serat bisa mencegah diabetes, kegemukan, kadar kolesterol tinggi dan bisa membuat tubuh lebih cepat langsing. Untuk mengkonsumsi serat yang cukup dalam konsumsi per hari. Misalnya untuk wanita dianjurkan mengkonsumsi 21 g – 25 g serat per hari. Tak perlu harus makan nasi merah atau semangkuk sayuran. Coba saja ikuti 6 trik di bawah ini:

Plus Cokelat
Tambahkan saja 1 sendok makan cokelat bubuk yang mengandung 2 gram serat dalam smoothies buah.  Tetapi jangan memakai cokelat blok yang manis dan jangan menambahkan gula lagi. Smoothies jadi enak dan Anda dapat tambahan serat.

Taburkan Jamur
Untuk sup krim yang lembut gurih, tumis jamur shitake atau champignon hingga layu lalu taburkan ke atas sup. Sup jadi enak dan tiap 30 g jamur akan ada tambahan 3 g serat.

Tambahkan Edamame
Suka sayuran tumis? Tmabahkan saja edamame (kedelai Jepang) rebus. Rebus edamame lalu keluarkan bijinya dan tambahkan dalam sayuran tumis. Edamame yang kaya folate ini tiap ½ mangkuk memberi 4 gram serat.

Tambahkan Oat Pada Burger
Saat membuat burger atau galantine atau meatloaf,  tepung roti kasar dan halus, bisa diganti dengan tepung oat jenis rolled oat yang kasar. Selain rasanya lebih gurih, tiap 2/3 mangkuk oat akan memberi tambahan 5.5 gram serat. Oat juga baik untuk penderita diabetes dan kolesterol tinggi.

Buat Kulit Pie dari Tepung Oat
Gantilah pemakaian tepung terigu biasa dengan oatmeal. Pie labu parang akan makin sehat. Labu parang memberi tambahan 2.5 g serat demikian juga oatmeal.

Taburi Pancake dengan Wheat Germ

Sering membuat pancake? Cobalah taburi pancake dengan wheat germ bubuk yang banyak dijual di pasar swalayan. Tiap setengah mangkuk akan membeir tambahan 4 gram serat. What germ bisa ditaburkan pada cake atau adonan kue lainnya.

Serat


Serat Tidak Menurunkan Berat Badan

 Banyak yang menduga dengan mengkonsumsi serat yang banyak setiap hari, bisa menurunkan berat badan. Padahal memperbanyak serat tidak lantas membakar lemak dan menurunkan berat badan secara drastis. Lantas apa hubungan keduanya?
Banyak orang beranggapan jika mengkonsumsi serat dalam jumlah banyak bisa menurunkan berat badan. Karena beberapa program diet memasukkan sayuran sebagai menu wajib selama menjalani program diet. Padahal bukan itu yang dimaksudkan sebagai tujuan utamanya.
Serat memang sangat baik dikonsumsi apalagi untuk mereka yang tengah menjalankan program diet. Bukan karena serat dapat membantu menurunkan berat badan, tapi lebih kareba serat bisa membantu pencernaan bekerja lebih baik. Selain itu, serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Sehingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh jauh lebih sedikit.
Tapi jika Anda mengkonsumsi serat namun jumlah kalori yang masuk juga tinggi, belum tentu juga serat ini akan membantu Anda menurunkan berat badan. Kebutuhan serat harian bisa didapat dari sayuran, buah-buahan, dan juga biji-bijian. Jika takut bosan, Anda bisa mengkombinasikan menu makan Anda agar mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Serat yang dimakan bersamaan dengan karbo ataupun makanan yang mengandung sedikit gula, bisa memperlambat proses pencernaan. Dan akan membuat Anda cepat merasa puas dengan apa yang telah dimakan atau merasa kenyang. Penelitian di Tufts University menemukan fakta bahwa wanita yang melakukan diet 2000 kalori dan mengkonsumsi serat dua kali lipatnya (dari 14 gr menjadi 28 gr per hari) ternyata bisa menurunkan sekitar 4 kilogram dalam empat bulan.
Jika Anda bukan termasuk orang yang suka dengan sayur, bisa mendapatkan asupan serat dari oatmeal, biji-bijian, jus buah, dan juga salad.

Camilan Sehat

 
Camilan Sehat Malam Hari
 
Camilan Sehat Malam Hari
 
Jakarta – Suka bingung kalau harus lembur dan memilih makanan untuk menemani malam Anda? Camilan sehat untuk malam hari harus dipilih secara cermat. Agar tidak terjadi penumpukan lemak bahkan penyakit yang mengganggu pencernaan.
Anda termasuk orang yang senang ngemil, bahkan di malam hari? Sebaiknya lebih perhatikan jenis cemilan yang akan Anda konsumsi. Jangan sampai cemilan yang Anda makan malah membuat kesehatan Anda tergannggu. Terkadang saat diharuskan melakukan lembur di kantor, perut selalu saja menjerit lapar. Godaan untuk mengkonsumsi jajanan yang ada sungguh lah besar.
Biasanya jenis makanan yang dijual di sekitar kantor adalah jenis-jenis makanan yang cepat saji. Makanan-makanan praktis yang jika dikonsumsi setiap hari bisa saja meningkatkan kadar kolesterol dan juga lemak tubuh. Kalau Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari makan malam ataupun camilan malam hari mungkin Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti menu makan malam Anda menjadi lebih sehat.
Jika Anda termasuk orang yang bekerja hingga larut, sebaiknya mulai perhatikan makanan apa saja yang akan Anda makan malam nanti. Sebaiknya pilihlah jenis makanan yang ringan namun mengenyangkan. Buah-buahan seperti pisang, mangga, ataupun apel bisa menggantikannya.
Bisa juga menu sarapan dikonsumsi lagi pada malam hari. Seperti sereal, oatmeal, roti gandum, dan juga biskuit. Susu rendah lemak sebagai pelengkap makan malam Anda jauh lebih aman dibandingkan dengan jajan di luar seperti nasi goreng ataupun mi goreng.

Potassium

 
Potassium Si Penjaga Tekanan Darah
 
Potassium Si Penjaga Tekanan Darah
 
 Mineral yang satu ini sering dianggap sepele padahal peranannya sangat penting. Untuk mendapatkan asupan postassium juga mudah. Bisa dari sayuran dan buah segar, makan labu parang, umbi-umbian atau dari pisang. Kalau kekurangan asupan potassium, apa ya kira-kira akibatnya?
Sejumlah mineral penting tiap hari harus dicukupi oleh tubuh agar bisa sehat. Di antaranya potassium. Mineral ini berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah,membantu pergerakan syaraf untuk mengendalikan aliran cairan dari otot dan sel-sel tubuh. Juga mengurangi resiko pembentukan batu ginjal serta keropos tulang.
Dari mana potassium bisa diperoleh? Jika Anda doyan sayuran dan buah segar, sudah bisa dipastikan kebutuhan potassium tercukupi. Bahan makanan sumber potassium yang baik antara lain pisang, tomat, terung, labu parang, bayam, kismis dan umbi umbian. Biasanya makanan yang sudah diproses atau diawetkan kandungan potassiumnya berkurang.
Kadar potassium  yang rendah dalam tubuh dikenal dengan nama hypokalemia , yang belum tentu disebabkan oleh kekurangan pasokan potassium. Hypokalemia biasanya disebabkan terlalu banyak kehilangan potassium dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh diare, yang biasa diikuti degan tubuh lemas, irama jantung tak beraturan dan kadar gula darah yang abnormal.
Gejala kekurangan potassium dalam kadar yang tidak parah biasanya tidak terlalu dirasakan karena tidak terlalu tampak. Akibatnya saja yang tiba-tiba terasa oleh tubuh, yaitu jatuh sakit! Naun, terlalu banyak asupan potassium juga kurang baik bagi kesehatan karena membentuk racun.
Maka cara yang terbaik, manfaatkan sayuran dan buah segar berwarna sebagai sumber potassium. Ubi merah, labu parang, bayam hijau dan merah, terung dan pisang bisa menjadi sumber potassium. Cukup dikonsumsi secara bergantian tiap hari. Mudah bukan?

Dari beberapa sumber.

Tidak ada komentar: